Langsung ke konten utama

LENOVO Legion Y540. Laptop Gaming Rasa Profesional

LENOVO Legion merupakan seri laptop gaming golongan “budget rendah” dengan spesifikasi yang menggoda. Sudah banyak konsumen yang percaya dengan performa Legion Y530, kali ini saya akan mengulas tentang generasi penerusnya yakni Legion Y540. Penasran dengan Legion Y540 ? simak review berikut ini.






1. Desain

Dari segi fisik Legion Y540 memang mirip dengan pendahulunya yang sama sekali tidak membawa unsur gaming. Dimensinya sendiri meliputi panjang 36.5 cm, lebar 26 cm, dan ketebalan 2.6 cm. Untuk bobotnya sendiri lumayan berat berada di angka 2.2 Kg.

Material yang membalut body Legion Y540 adalah polycarbonate, walaupun hanya polycarbonate dari segi build quality sudah cukup bagus. Desain bagian depan sangat minimalis hanya terdapat tulisan LEGION pada sisi kanan laptop.

Beralih kebagian kokpit, layar Legion Y540 menrapkan desain bezzeless sehingga layar Nampak lebih lega. Serta layarnya pun juga bisa dibentangkan hinga 180 derajat. Keyboardnya sendiri dilengkapi dengan LED Backlit , juga dengan NumPad serta fitur 100% AntiGhosting. Dan kualitas keyboardnya sangat nyaman bahkan mirip dengan ThinkPad series yang dikenal dengan kenyaman mengetiknya.

Untuk segi audionya tergolong lumayan. Speakernya sendiri dirancang oleh Harman, dan untuk mengatur audio profile laptop ini sudah menyertakan software Dolby Atmos. Kesimpulanya, secara desain Legion Y540 lebih mencerminkan kearah laptop profesional, karena sama sekali tidak terasa aura gaming pada Legion Y540.



2. Layar

Layar yang diusung nya cukup memuaskan. Ukuranya sangat luas yakni 15.6 inchi ditambah dengan resolusi FHD yang bisa menyajikan visual yang menawan. Hal tersebut juga dikarenakan oleh color gamut 72% NTSC dan 99% sRGB. Guna meminimalisir kerusakan mata, LENOVO melengkapi Eye Care Mode yang bisa diatur di LENOVO Vanatage. Panel yang digunakan adalah IPS dilapisi dengan Anti Glare. Refresh rate yang dimiliki Legion Y540 terbilang kurang karena hanya 60Hz saja.



3. Mesin

Dari sektor mesinnya, Legion Y540 membawakan performa yang bagus. CPU nya menggunakan I5 9300H ( 4 Core, 8 Thread ) yang memiliki base clock 2.4GHz dengan boost clock 4.1GHz. VGA GTX 1650 4GB GDDR5 sudah mencukupi untuk kualitas grafis tinggi. RAM yang dibawakan hanyalah single channel 8GB DDR4 2666MHz, tetapi anda diberi keleluasaan untuk emngupgrade RAM hingga 32GB.

Bagian penyimpanan nya juga demikian, penyimpanan yang diberikan adalah SSD M.2 NVME sebesar 521GB dengan tambahan slot SATA 2.5 inchi yang bisa diisi dengan HDD maupun SSD. Untuk daya tahan baterai dengan penggunaan ringan dapat bertahan hingga 5 jam lebih. Sedangkan untuk mengisi daya dari 0-100% dibutuhkan waktu sekiranya 2 jam.



4. Konektivitas.

Di sebelah kanan hanya terdapat 1 port yakni USB Type A, sedangkan di sebelah kiri hanyalah USB Type A dan Audio Jack 3.5mm. setelah ditelusuri port port lainnya terletak di bagian depan laptop meliputi USB Type C, Mini Display, USB 3.1 Gen 1, LAN, HDMI, dan charging port.



5. Harga

Untuk sebagian orang, harga Rp14.499.000 tidak lah terbilang murah. Tetapi dengan harga tersebut anda sudah mendapatkan bonus Microsoft Office & Student secara gratis.



Baca Juga :
Review Lenovo Legion Y740. Laptop Bertenaga RTX
LENOVO IdeaPad S145. Laptop Mahasiswa Dengan Budget Tipis
ACER Nitro 5. Harga Rakyat Spesifikasi Bersaing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MSI Alpha 15. Laptop Gaming Murah Bertenaga Ryzen 7

MSI Alpha 15 merupakan sebuah laptop yang menyajikan perpaduan CPU AMD Ryzen 7 dengan VGA Radeon RX5500M. Dengan begitu, laptop ini menawarkan performa yang bagus dan harga yang ramah. Penasaran dengan MSI Alpha 15 ? Simak review berikut ini.


1. DesainTerlahir dari merk MSI, laptop ini memiliki logo burung phoenix yang berbeda dengan MSI lainnya. Bodynya pun gambot layaknya laptop gaming high end dengan kombinasi material logam dan polikarbonat.
Sektor keyboardnya juga menawarkan fitur laptop gaming high end. Dengan hadirnya RGB per Key dari Steelseries membuat pengalaman gaming semakin asyik.
Audionya sangat menyenangkan untuk gaming berkat racikan GIANT Speaker dan dukungan Nahimic 3.


2. LayarTerdapat fitur khas AMD pada laptop ini, yaitu AMD Freesync 144Hz yang berguna untuk menghindari screen tearing dan juga memberikan visual yang mulus.
Ukuran layarnya adalah 15.6 inchi dengan resolusi FHD. Panel yang dipakai adalah IPS Level yang cocok untuk gaming ataupun content creation dengan co…

ASUS TUF FX505DV Review. Laptop RTX Seharga 16 Jutaan

Setelah sekian lama akhirnya muncul juga penerus ASUS TUF series. ASUS telah mengumumkan dan meresmikan TUF FX505DV di Indonesia. Setelah melihat datta spesifikasi yang dibawa, ternyata TUF FX505DV membawa mesin yang sangat powerfull, apalagi harganya dipatok dibawah 20 jutaan. Penasaran dengan TUF FX505DV ? simak review berikut ini.


1.Desain
Karena merupakan laptop gaming, TUF FX505DV didesain seagresif mungkin tetapi dengan budget rendah. Material yang dipakai merupakan kombinasi antara metal dan plastic polycarbon. Desain covernya tentunya cukup keren dihiasi dengan garis garis lurus tegas disekitar logo ASUS. Logonya pun mempunyai warna emas untuk varian Gold Steel dan warna hitam untuk varian Stealth Black.
Beralih kebagian kokpit, TUF FX505DV sudah mengusung desain NanoEdge sehingga bezzelnya hanya berukuran 6.5mm. Dibagian keyboardnya pun juga sudah dilengkapi dengan RGB yang menambah feel yang lebih impressive sebagai gamer. Karena budget rendah keyboard TUF FX505DV tidak didukun…

Saingi Realme, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max

Persaingan smartphone China tampaknya akan memanas. Dengan hadirnya Realme 6 dan 6 Pro, Xiaomi langsung membulatkan tekadnya untuk segera merilis Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max. kabarnya kedua smartphone tersebut diperkenalkan di India pada tanggal 12/3/2020.





Dari perkenalan tersebut, bisa dilihat bahwa Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max memiliki spesifikasi yang hampir sama. Kedua ponsel tersebut sama sama membawakan SoC paling baru dari Snapdragon yakni SD 720G. Dengan inisial G dibelakangnya, berarti SoC yang tertanam pada Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max bisa diandalkan untuk bermain game.

Dari sektor mesin yang membedakan antara Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max adalah kapasitas RAM. Redmi Note 9 Pro memiliki kapasitas 4GB dan 6GB saja, sedangkan Redmi Note 9 Pro memiliki kapasitas 6GB dan 8GB. Selain RAM, teknologi fast charging yang digunakan juga berbeda. Redmi Note 9 Pro hanya dibekali dengan pengisian daya 18W, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max dibekali dengan pengisi…