Langsung ke konten utama

XIAOMI Blackshark 2 Pro VS ASUS ROG Phone 2. Smartphone Gaming Unggulan Mana Yang Paling Baik ???

Setelah kabar merilis Blackshark 2 Pro di Indonesia, ASUS pun juga berencana untuk meresmikan ROG Phone 2 di pasaran Indonesia. Kedua smartphone ini sangat menarik untuk dipertarungkan, karena sama sama menyandang gelar smartphone gaming. Kedua smartphone ini juga menyuguhkan spesifikasi mesin yang terbaik untuk konsumen. Jika anda adalah seorang mobile gamer dan ingin membeli ponsel gaming antara Blackshark 2 Pro atau ROG Phone 2 ? simak review berikut ini.



1. Desain

Secara desain, ROG Phone 2 lebih terlihat sederhana dengan kaca full body ditambah lagi logo ROG yang menambah kegarangannya. Sedangkan desain dari Blackshark 2 Pro lebih berkesan futuristis yang menampilkan body metal dengan tajam dan LED Light yang berada di body belakang serta body sisi kiri dan kanan. Untuk kenyamanan Blackshark 2 Pro sedikit lebih nyaman karena memiliki berat hanya 205 gram, sedangkan ROG Phone 2 35 gram lebih berat daripada pesaingnya.
Berpindah kedepan, keduanya masih punya bezzel yang tebal untuk memberikan grip saat bermain game. Kedua smartphone ini juga memiliki 2 stereo speaker. Disisi kanan ROG Phone terdapat tombol L1 dan R1 yang menambah kenyamanan gaming. Sedangkan pada Blackshark 2 Pro disisi kanan terdapat tombol untuk mengaktifkan Game Mode.
Untuk segi konektivitas ROG Phone punya 2 slot USB Type C di bagian bawah dan samping kiri. Untuk slot Jack Audio 3.5mm Blackshark 2 Pro sudah memusnahkan slot tersebut, dan pada ROG Phone 2 untungnya masih tersedia Jack Audio 3.5mm.



2. Layar

Dilihat dari teknologi yang ditawarkan, ROG Phone lebih unggul di sektor layar. ROG Phone 2 memiliki refresh rate hingga 120Hz dan Blackshark 2 Pro hanya 60Hz. Dan layar ROG Phone sudah dibekali dengan proteksi Gorilla Glass 6. Kedua unit ini juga sudah dibekali touch sensing 240Hz.
Blackshark 2 Pro maupun ROG Phone 2 punya layar yang berpanel AMOLED dengan resolusi FHD+. Untuk dimensi, ROG Phone 2 berukuran 6.6 inchi, sedangkan Blackshark 2 Pro lebih compact yakni 6.4 inchi.



3. Mesin

Chipset yang ditanamkan pada Blackshark 2 Pro atau ROG Phone adalah Snapdragon 855+ Octa Core ( 1 x 2.96 GHz Kryo 845 & 3 x 2.4 GHz Kryo 485 & 1 x 1.78 GHz Kryo 485 ) dan pastinya dengan GPU Andreno 640 yang mendongkrak kinerja untuk render grafis 3D dengan kualitas terbaik. Kapasitas RAM sama sama fantastis yakni 12GB untuk kelancaran bermain game.
Untuk kapasitas memorinya ROG Phone 2 memiliki memori yang lebih lega yakni 512GB, sementara Blackshark 2 Pro hanya 256GB. Kedua memori ponsel ini sudah mengusung memori UFS 3.0 dan tidak disediakan slot microSD untuk memperluas kapasitas.
Sektor baterai jelas lebih unggul ROG Phone 2 yang mempunyai kapasitas 6000 mAH yang dijamin lebih lama dalam menikmati game. Tidak lupa ROG Phone 2 juga support fast charging 30W. Untuk  Blackshark 2 Pro hanya berkapasitas 4000 mAH yang tergolong sangat minimal untuk sebuah device gaming.
Lanjut ke soal pendinginan untuk ROG Phone 2 cukup handal untuk mengatasi overheat pada CPU dengan mengeluarkan panas melalui exhaust, tetapi hal tersebut berimbas kepada suhu body yang sangat panas bahkan mencapai angka 48 Celcius, untungnya ASUS menawarkan fan cooler untuk meredam panas body. Berbeda dengan Blackshark 2 Pro yang menggunakan Liquid Cooller untuk mendinginkan CPU tetapi tidak sehebat ROG Phone 2. Bodynya pun hanya terkena panas disekitar 40 Celsius
Untuk sistem audionya, lagi lagi ROG Phone unggul dalam sektor ini. Walaupun keduanya mengusung stereo speaker, suara ROG Phone 2 lebih memberi adrenalin ke telinga sehingga sangat asyik untuk bermain game tanpa headset.



4. Kamera

Untuk kamera sangatlah tidak penting pada sebuah ponsel gaming, tetapi ROG Phone 2 memiliki kualitas kamera yang terbaik untuk kategori ponsel gaming. Hal tersebut dikarenakan ASUS merancang kamera ROG Phone 2 menggunakan konfigurasi yang sama dengan  Zenfone 6. Lensa utamanya beresolusi 48 MP dan lensa ultrawide nya 13 MP dengan kamera selfie 24 MP.
Sedangkan Blackshark 2 Pro juga beresolusi 48 MP untuk lensa utamanya dan 12 MP untuk lensa ultrawide dengan kamera selfie 20 MP. Kamera kedua smartphone tersebut juga sudah bersensor Sony IMX 586.



5. Harga

Dari segi harga ROG Phone 2 punya harga yang lebih mahal yaitu 8 jutaan untuk 8/256GB dan 12 juta untuk 12/512GB dengan catatan fasilitas gaming yang tersedia sangat memuaskan untuk kalangan gamers. Dan Blackshark 2 Pro tentunya dibanderol lebih murah dengan harga 8 jutaan untuk 12/256GB, tetapi fasilitas gaming yang disediakan tidak selengkap kompetitornya.


Baca Juga :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MSI Alpha 15. Laptop Gaming Murah Bertenaga Ryzen 7

MSI Alpha 15 merupakan sebuah laptop yang menyajikan perpaduan CPU AMD Ryzen 7 dengan VGA Radeon RX5500M. Dengan begitu, laptop ini menawarkan performa yang bagus dan harga yang ramah. Penasaran dengan MSI Alpha 15 ? Simak review berikut ini.


1. DesainTerlahir dari merk MSI, laptop ini memiliki logo burung phoenix yang berbeda dengan MSI lainnya. Bodynya pun gambot layaknya laptop gaming high end dengan kombinasi material logam dan polikarbonat.
Sektor keyboardnya juga menawarkan fitur laptop gaming high end. Dengan hadirnya RGB per Key dari Steelseries membuat pengalaman gaming semakin asyik.
Audionya sangat menyenangkan untuk gaming berkat racikan GIANT Speaker dan dukungan Nahimic 3.


2. LayarTerdapat fitur khas AMD pada laptop ini, yaitu AMD Freesync 144Hz yang berguna untuk menghindari screen tearing dan juga memberikan visual yang mulus.
Ukuran layarnya adalah 15.6 inchi dengan resolusi FHD. Panel yang dipakai adalah IPS Level yang cocok untuk gaming ataupun content creation dengan co…

ASUS TUF FX505DV Review. Laptop RTX Seharga 16 Jutaan

Setelah sekian lama akhirnya muncul juga penerus ASUS TUF series. ASUS telah mengumumkan dan meresmikan TUF FX505DV di Indonesia. Setelah melihat datta spesifikasi yang dibawa, ternyata TUF FX505DV membawa mesin yang sangat powerfull, apalagi harganya dipatok dibawah 20 jutaan. Penasaran dengan TUF FX505DV ? simak review berikut ini.


1.Desain
Karena merupakan laptop gaming, TUF FX505DV didesain seagresif mungkin tetapi dengan budget rendah. Material yang dipakai merupakan kombinasi antara metal dan plastic polycarbon. Desain covernya tentunya cukup keren dihiasi dengan garis garis lurus tegas disekitar logo ASUS. Logonya pun mempunyai warna emas untuk varian Gold Steel dan warna hitam untuk varian Stealth Black.
Beralih kebagian kokpit, TUF FX505DV sudah mengusung desain NanoEdge sehingga bezzelnya hanya berukuran 6.5mm. Dibagian keyboardnya pun juga sudah dilengkapi dengan RGB yang menambah feel yang lebih impressive sebagai gamer. Karena budget rendah keyboard TUF FX505DV tidak didukun…

Saingi Realme, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max

Persaingan smartphone China tampaknya akan memanas. Dengan hadirnya Realme 6 dan 6 Pro, Xiaomi langsung membulatkan tekadnya untuk segera merilis Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max. kabarnya kedua smartphone tersebut diperkenalkan di India pada tanggal 12/3/2020.





Dari perkenalan tersebut, bisa dilihat bahwa Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max memiliki spesifikasi yang hampir sama. Kedua ponsel tersebut sama sama membawakan SoC paling baru dari Snapdragon yakni SD 720G. Dengan inisial G dibelakangnya, berarti SoC yang tertanam pada Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max bisa diandalkan untuk bermain game.

Dari sektor mesin yang membedakan antara Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max adalah kapasitas RAM. Redmi Note 9 Pro memiliki kapasitas 4GB dan 6GB saja, sedangkan Redmi Note 9 Pro memiliki kapasitas 6GB dan 8GB. Selain RAM, teknologi fast charging yang digunakan juga berbeda. Redmi Note 9 Pro hanya dibekali dengan pengisian daya 18W, sedangkan Redmi Note 9 Pro Max dibekali dengan pengisi…